Sunday, December 1, 2019

MARSEKAL BESI DAENDELS


MARSEKAL BESI

Oleh Raja Louis Napoleon, adik Napoleon Bonaparte, Daendels ditunjuk menjadi Gubernur jenderal Hindia Belanda yang bertugas mempertahankan Hindia Belanda dari kemungkinan direbut Inggris dari India.
Dan tahun itu juga ia berangkat ke Hindia, mendarat di Anyer pada 5 Januari 1808. Untuk menuju Batavia diperlukan waktu 4 hari,dan pada musim hujan perjalanan tidak dapat dilakukan.
Lalu di Semarang, Daendels mengumpulkan pembesar pribumi.Jarak dari Bogor (tempat kediaman Gubernur Jenderal) ke Semarang lewat Bandung adalah 10 hari. Dari situlah kemudian terpikir olehnya untuk meneruskan "pembangunan" jalan tersebut kearah timur.
Daendels tahu, bahwa bicara tentang pembangunan jalan pos baru dengan orang Belanda yang 'tidak boros' wataknya di Belanda akan sia-sia. Karena itu yang ia tulis ke Belanda adalah tentang perbaikan sistem jalan di Jawa.
Ia perbaiki jalan Cisarua - Karangsambung dengan biaya pemerintah. Selebihnya, untuk jalan sepanjang 850 km ia perintahkan (5 Mei 1808) kepada aparat pemerintahan dalam negeri Jawa untuk mengerahkan pekerja rodi. Tugas rodi adalah: memperbaiki (meningkatkan, bukan membangun) jaringan jalan yang sudah ada, hingga dapat dilalui semua jenis kendaraan.
Dari situlah mulai penderitaan dan kesengsaraan orang Indonesia.

Dari buku
JALAN RAYA POS
JALAN DAENDELS

No comments:

Post a Comment