Monday, November 25, 2019

70 TAHUN WARISAN SEARS & ZEMANSKY


70 TAHUN (1949-2019) WARISAN SEARS & ZEMANSKY

Buku fisika dasar paling legendaris sedunia, "University Physics", karya Francis Weston Sears & Mark Waldo Zemansky, di tahun 2019 ini telah berusia 70 tahun. Buku itu masih eksis, tetapi menjadi gemuk karena isinya terus ditambah & diperbarui oleh para kolega penerus, yaitu Hugh D. Young, Roger A. Freedman, dan kawan-kawan. Sampai kini telah melalui 14 edisi. Konon, buku itu diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh penerbit Dhiwantara & penerbit Binatjipta sebelum tahun 1965. Edisi bahasa Indonesia yang terkemudian diterbitkan oleh penerbit Erlangga.

Khusus memperingati 70 tahun usianya, dihadirkan soal legendaris "monyet & pisang" dari buku University Physics itu. Jika hanya satu soal saja dipakai untuk menguji pemahaman siswa terhadap hukum-hukum Newton, maka soal ini sangat tepat. Soal diadaptasi untuk tujuan pedagogis jenjang SMA.

Lihat gambar. Monyet & setandan pisang massanya sama. Sejak awal keduanya sudah bertengger diam di tali katrol. Masing-masing beda ketinggian posisi. Massa tali, massa katrol, & gesekan tali dengan katrol diabaikan. Monyet perlahan memanjat tali katrol menuju pisang. Bagaimana jarak vertikal antara monyet dengan pisang? Pilih jawaban yang benar dari di bawah ini, lalu jelaskan alasannya dengan memakai hukum-hukum Newton.
A. Jarak antara keduanya membesar, sedangkan pisang bergerak naik sampai tersangkut di katrol.
B. Jarak antara keduanya tetap, sedangkan pisang ikut bergerak naik sampai tersangkut di katrol.
C. Jarak antara keduanya mengecil, sedangkan pisang tetap diam di posisi ketinggiannya. Akhirnya, monyet sejajar pisang.
D. Jarak antara keduanya mengecil, sementara pisang ikut bergerak naik.
E. Jarak antara keduanya mengecil, sedangkan pisang bergerak turun. Akhirnya, monyet sejajar pisang.

Kepustakaan:
Hugh D. Young & Roger A. Freedman, Sears & Zemansky's University Physics (Addison-Wesley Publishing Company, 2000).
"Francis Sears" (Wikipedia).
"Mark Zemansky" (Wikipedia).

No comments:

Post a Comment