Wednesday, November 27, 2019

CORNELIS DE HOUTMAN


CORNELIS DE HOUTMAN

Adalah pelaut Belanda yang menginjakkan kakinya di Banten pada 27 Juni 1596. Awalnya ia tertarik untuk datang ke Tanah Air karena sempat mendengar kabar keberadaan pulau yang kaya raya akan penghasilan alamnya, termasuk rempah-rempah, yang terletak di belahan dunia bagian timur.
Pada 2 April 1595, Cornelis memulai pelayaran perdananya menuju Nusantara dengan membawa empat kapal dagang. Dalam perjalanan menuju Tanah Air, ABK Cornelis banyak yang mati. Penyebabnya karena kekurangan makanan, konflik internal dan iklim tropis.
Armada Cornelis baru sampai di pulau Banten pada 27 Juni 1596. Menurut catatan sejarah, ada sekitar 249 orang yang masih hidup sampai tujuan selama perjalanan tersebut. Mereka awalnya disambut dengan baik oleh warga Banten. Namun lama kelamaan, mereka mulai bertingkah seenaknya sehingga memaksa otoritas keamanan Banten untuk meringkus sebagian dari mereka. Hingga akhirnya Cornelis dan rombongan dagangnya diusir dari Banten.
Setelah diusir, mereka melanjutkan ekspedisinya di sepanjang garis Pantura pulau Jawa. Tak ada bosannya berlaku reseh dan membuat onar, mereka kembali membuat masalah. Beberapa orang diringkus karena kematian Pangeran Madura dan Cornelis pun terpaksa merogoh kocek buat menebus anak buahnya.
Hingga akhirnya mereka kembali dengan selamat di negeri Belanda. Tidak diketahui secara jelas berapa awak yang masih tersisa, namun Cornelis kembali melakukan perjalanan yang kedua menuju Nusantara.
Pada tahun 1599, dia dan armadanya mendarat di Aceh. Namun mereka harus berhadapan dengan pasukan Inong Balee. Cornelis meregang nyawa di tangan Laksamana Malahayati setelah mereka berdua terlibat duel yang sengit.
Walau usahanya untuk mendapatkan rempah-rempah gagal, tapi usaha Cornelis tidak sia-sia. Ekspedisinya tersebut menjadi inspirasi para pedagang Belanda yang lain untuk berdatangan ke Nusantara. Dari sinilah awal mula Tanah Air kita dijajah Belanda dan berdirinya VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie)

No comments:

Post a Comment