Tuesday, November 26, 2019

ISTRI PERTAMA BUNG KARNO


Ketika menikahi putri H.O.S. Tjokroaminoto, Siti Oetari, pada 1921, usia Bung Karno belum genap 21 tahun. Sementara Oetari sendiri baru 16 tahun. Perkawinan tersebut lebih tampak sebagai usaha Bung Karno untuk meringankan beban duka Tjokroaminoto yang istrinya, Soeharsikin, tutup usia pada 1919, daripada kehendak Bung Karno sendiri untuk berumah tangga.

Meski demikian, bukan berarti Bung Karno tidak mempunyai perasaan sama sekali pada Oetari. Saat masih berindekos di rumah Tjokroaminoto di Gang 7 Paneleh, Surabaya, Bung Karno sering mendekati Oetari. Suatu hari ketika mereka tengah duduk berdampingan, Bung Karno bertanya, "Lak, tahukah engkau bakal istriku kelak?" Oetari hanya menggeleng menanggapi pertanyaan itu. Bung Karno kembali bertanya, "Kau ingin tahu?" Sedikit penasaran, Oetari pun menyahut, "Di mana?" Bung Karno menjawab, "Kau ingin tahu? Boleh. Orangnya dekat sini. Kau tak usah beranjak karena orangnya ada di sebelahku."

Sayang, pernikahan keduanya tidak berlangsung lama. Pada 1923, oleh karena merasa tidak cocok dengan Oetari yang cenderung masih kekanak-kanakan, secara baik-baik Bung Karno mengembalikan istri pertama yang belum pernah disentuhnya itu kepada keluarga Tjokroaminoto.

No comments:

Post a Comment